Rabu, 23 November 2016

RPP TEMA aku/ Diriku dan Keluargaku

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Nama Sekolah             : SDI Tholabudhin Surabaya
Tema/ Sub Tema         : Diriku/ Aku dan Keluargaku
Materi Pembelajaran   : Data Diri dan Data Keluargaku
Kelas/ Semester           : 1/ 1
Alokasi Waktu            : 3 X 35 Menit
A.    Kompetensi Inti
1.    Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.    Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
3.    Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengarkan, melihat, membaca) dan menanya, berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya dirumah dan disekolah.
4.    Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B.     Kompetensi Dasar

Matematika
4.6 Membaca dan mendeskripsikan data pokok yang ditampilkan pada grafik konkrit dan piktograf.
PPKN
4.4  Mengamati dan menceritakan keberagaman karakteristik individu di rumah dan di sekolah.
Bahasa Indonesia
2.1 Memperkenalkan diri sendiri dengan kalimat sederhana dan bahasa yang santun
C.    Indikator Pencapaian Pembelajaran
Matematika
4.6.1   Mengetahui jumlah saudaranya dengan benar
4.6.2   Menghitung masing-masing data saudara temannya yang ada pada piktograf dengan tepat.
PPKN
4.4.1   Menyebutkan data keluarga (saudara) dengan benar
4.4.2   Menyebutkan data diri (umur) dengan benar
Bahasa Indonesia
2.1.1 Menyebutkan data diri (nama, umur, sekolah, dan tempat tinggal)
2.1.2   Membaca data keluarga (ayah, ibu, saudara)
D.    Tujuan Pembelajaran
Matematika
1.      Siswa dapat mengetahui jumlah saudaranya dengan benar
2.      Siswa dapat menghitung masing-masing data saudara temannya yang ada pada piktograf dengan tepat.
PPKN
1.         Siswa dapat menyebutkan data keluarga (saudara) dengan benar
2.         Siswa dapat menyebutkan data diri (umur) dengan benar
Bahasa Indonesia
1.      Siswa dapat menyebutkan data diri (nama, umur, sekolah, dan tempat tinggal) secara lisan dengan benar.
2.      Siswa dapat membaca data keluarga yang ditampilkan pada piktograf dengan benar.
E.     Materi
a.       Fakta
 
b.      Konsep
Kenalkan dirimu!
Nama saya Asti, umur saya tujuh tahun, sekarang saya kelas satu di SD Tunas Buana. Rumah saya di jalan apel no 15 Jakarta.
Kenalkan keluargamu!
Keluarga saya ada empat orang. Ada ayah ibu dan adik. Ayah saya bernama pak Budi. Ibu saya bernama Maharani. Adik saya bernama Rangga. Adi saya berumur lima tahun. Ayah saya bekerja sebagai polisi. Ibu saya sebagai bidan. Adik saya bersekolah di TK Tunas Buana.
c.       Prinsip
Nabi Muhammad saw bersabda :
                                       مَنْ أَرَادَ الدُّنْيَا فَعَلَيْهِ بِالْعِلْمِ, وَمَنْ أَرَادَ الأَخِرَةَ فَعَلَيْهِ بِالْعِلْمِ, وَمَنْ أَرَادَهُمَا فَعَلَيْهِ بِالْعِلْمِ
Artinya :
"Barang siapa menginginkan soal-soal yang berhubungan dengan dunia, wajiblah ia memiliki ilmunya ; dan barang siapa yang ingin (selamat dan berbahagia) diakhirat, wajiblah ia mengetahui ilmunya pula; dan barangsiapa yang meginginkan kedua-duanya, wajiblah ia memiliki ilmu kedua-duanya pula". (HR.Bukhari dan Muslim)
d.      Prosedur
1.    Kenalkan keluargamu !
2.    Siapa nama ayahmu ?
3.    Siapa nama ibumu ?
4.    Siapa nama adikmu ?
5.    Berapa umur kakakmu ?
6.    Dimana ayahmu dan ibumu bekerja ?
F.     Metode Pembelajaran
Pendekatan     : Scientific
Model              : Cooperative Learning
Metode            : tanya jawab, pemberian tugas, diskusi
G.    Media Pembelajaran
Karton
Gambar keluarga
H.    Sumber Belajar
Buku tematik terpadu kelas 1 tema diriku
I.       Langkah-Langkah Pembelajaran
Kegiatan
Uraian Kegiatan
Waktu
Pendahuluan
·     Mengucapkan salam
·     Berdoa bersama
·     Mengecek kehadiran peserta didik
·     Memberi motivasi dengan memberikan pertanyaan-pertanyaan yang berkaitan dengan pembelajaran terdahulu
·     Menjelaskan tujuan pembelajaran hari ini
10 menit
Inti
Mengamati
·      Guru meminta peserta didik mengamati ilustrasi gambar yang terdapat pada buku siswa
·     Peserta didik mendengarkan uraian guru tentang memperkenalkan diri
Menanya
·       Guru menanyakan siapa yang mengetahui nama lengkapnya
·       Guru memberikan pertanyaan tentang jumlah saudaranya dirumah
·       Siswa diminta menjawab “berapa umur kalian ?”
Mengeksplorasi
·      Siswa mendengarkan penjelasan guru tentang data keluarga dan data diri sendiri
·      Kemudian, siswa diminta menyebutkan nama, umur, tempat tinggal, saudara secara berpasangan di depan kelas
·      Setelah siswa mendapat giliran guru meminta siswa melakukan survei sederhana tentang jumlah saudara dan umur temannya
·      Siswa mendengarkan penjelasan tentang bagaimana melakukan  survei.
·      Selanjutnya siswa melakukan survei tentang jumlah saudaranya
·      Jika telah selesai melakukan survei maka seluruh siswa membuat tanda “orang tersenyum”(contoh pada buku siswa)
·       Guru berkeliling untuk mengamati kerja siswa
·       Setelah semua siswa selesai, siswa diminta mengamati hasil pekerjaannya
·      Guru bertanya,”Berapa banyak saudara yang dimiliki temanmu?”, “Berapa banyak temamu yang memiliki umur yang sama ?” dan “Buat urutan jumlah saudara terbanyak hingga ke urutan terkecil !”
·      Guru menjelaskan bahwa informasi yang dibuat dalam bentuk seperti  itu disebut dengan piktograf atau grafik gambar.
·       Selanjutnya siswa diminta untuk menghitung jumlah saudara yang terbanyak dan jumlah saudara yang paling sedikit
Mengasosiasikan
·      Guru menyampaikan bahwa setiap orang memiliki jumlah saudara yang berbeda-beda. Meskipun seperti itu kita harus saling menyayangi dengan saudara yang kita miliki.
Mengkomunikasikan
·       Siswa diminta membaca  hasil dari piktograf yang dibuat kepada teman dan guru
85 menit
Penutup
·     Guru melakukan evaluasi kepada setiap peserta didik secara individu
·     Guru menyuruh peserta didik mengungkapkan kesan terhadap pentingnya materi pelajaran yang disampaikan guru
·     Guru menginformasikan kepada peserta didik tentang materi yang diajarkan pada pertemuan berikutnya
·     Guru mengajak peserta didik berdoa
10 menit

J.      Penilaian
1.    Teknik dan Bentuk Instrumen
Teknik
Bentuk Instrumen
·         Pengamatan Sikap
·         Lembar Pengamatan Sikap dan Rubrik
·         Tes Tertulis
·         Tes Uraian
·         Psikomotori
·         Lembar Penilaian

2.    Instrumen
a.       Lembar Pengamatan Sikap
No
Aspek yang dinilai
3
2
1
Keterangan
1.
Rasa ingin tahu




2.
Ketekunan dan tanggungjawab dalam belajar dan bekerja baik secara individu maupun berkelompok




3.
Keterampilan berkomunikasi pada saat belajar




4.
Ketelitian dan kehati-hatian dalam melakukan percobaan





skor yang didapat
Nilai =______________________ X 100%
                      Skor maksimal
Skor maksimal  : 10

b.      Rubrik Penilaian Perilaku
No
Aspek yang dinilai
Rubrik
1.
Menunjukan rasa ingin tahu
3. Menunjukan rasa ingin tahu yang besar, antusias, aktif dalam kegiatan kelompok
2. Menunjukan rasa ingin tahu, namun tidak terlalu antusias, dan baru terlibat aktif dalam kegiatan kelompok ketika disuruh
1. Tidak menunjukan antusias dalam pengamatan, sulit terlibat aktif dalam kegiatan kelompok walaupun telah didorong untuk terlibat
2.
Ketelitian dan Hati-hati
3. Mengamati hasil percobaan sesuai prosedur, hati-hati dalam melakukan percobaan
2. Mengamati hasil percobaan sesuai prosedur, kurang hati-hati dalam melakukan percobaan
1. Mengamati hasil percobaan sesuai prosedur, kurang hati-hati dalam melakukan percobaan
3.
Ketekunan dan tanggungjawab dalam belajar dan bekerja baik secara individu maupun berkelompok
3. Tekun dalam menyelesaikan tugas dengan hasil terbaik yang bisa dilakukan, berupaya tepat waktu
2. Berupaya tepat waktu dalam menyelesaikan tugas, namun belum menunjukan upaya terbaiknya
1. Tidak berupaya bersungguh-sungguh dalam menyelesaikan tugas, dan tugasnya tidak selesai
4.
Berkomunikasi
3. Aktif dalam tanya jawab, dapat mengemukakan pendapat atau ide, menghargai pendapat siswa lain
2. Aktif dalam tanya jawab, tidak ikut mengemukakan pendapat atau ide, menghargai siswa lain
1. Aktif dalam tanya jawab, tidak ikut mengemukakan pendapat atau ide, kurang menghargai siswa lain

3.    Penilaian Proses
a.       Format Pengamatan
Aspek yang dinilai
Kriteria
Catatan

BS
B
C
PB

Kemampuan menyebutkan data diri dan data keluarga





Kemampuan menjalankan
Tugas





Kemampuan melengkapi tabel








b.      Rubik Penilaian Proses
No
Aspek yang dinilai
Baik sekali
baik
Cukup
Perlu bimbingan
1
Kemampuan menyebutkan data diri (nama, umur, sekolah dan tempat tinggal) dan data keluarga (ibu, ayah, saudara)

Siswa mampu
Menyebutkan semua data diri dan data keluarga dengan benar
Siswa mampu
Menyebutkan data diri dan keluarga dengan satu kesalahan
Siswa hanya
mampu
menyebutkan dua data diri dan dua data keluarga
Siswa belum
mampu
menyebutkan data diri dan data keluarga

2
Kemampuan menjalankan
tugas

Siswa mampu
melakukan
tugas sesuai
dengan instruksi
tanpa pengarahan
ulang

Siswa mampu
melakukan
tugas sesuai
aturan tetapi dengan
1 kali arahan ulang

Siswa mampu
melakukan
tugas sesuai
aturan, tetapi
dengan lebih dari 1
kali arahan ulang

Siswa belum
mampu melakukan
tugas sesuai
dengan aturan

3
Kemampuan melengkapi tabel

Siswa mampu
Melengkapi tabel dengan benar

Siswa melengkapi tabel dengan kesalahan 1 – 2  peletakan kolom

Siswa melengkapi tabel dengan lebih dari 2 kali kesalahan peletakan kolom

Siswa belum
mampu melengkapi kolom


4.    Pedoman Penilaian
1.      Kognitif
No
Indikator
Soal
Kunci Jawaban
1.
Mengetahui jumlah saudaranya dengan benar
1.      Berapa jumlah saudara yang kamu miliki ?
Sesuai piktograf yang dibuat
Skor : 2
2.
Menghitung masing-masing data saudara temannya yang ada pada piktograf dengan tepat
2.      Dari piktograf yang kamu buat, Berapa data saudara temanmu yang paling banyak!
Sesuai Piktograf
Skor : 2
3.
Menyebutkan data keluarga (saudara) dengan benar
3.      Siapa nama saudaramu ?
Sesuai Piktograf
Skor : 2
4.
Menyebutkan data diri (umur) dengan benar
4.      Berapa umurmu!
Sesuai Piktograf
Skor : 2
5.
Menyebutkan data diri (nama, umur, sekolah, dan tempat tinggal)
5.      Sebutkan data dirimu secara lisan dengan benar!
Sesuai Piktograf
Skor : 5
6.
Membaca data keluarga (ayah, ibu, saudara)
6.      Dari piktograf yang kamu buat, Berapa data saudara yang terbanyak dan terkecil?
Sesuai piktograf
Skor : 2


skor yang didapat
Nilai =______________________ X 100%
                      Skor maksimal
Skor maksimal  : 15





Mengetahui                                                                 Sidoarjo,13 Juni 2016
Kepala Sekolah                                                           Guru Mapel
..............................................                                     ............................................ ....




Lembar Kerja Siswa

1.    Buatlah piktograf data saudara terbanyak dan terkecil !
Nama Kelompok :
Nama Anggota       :
1.    .............................................
2.    .............................................
3.    .............................................
4.    .............................................
a.      Data Keluarga
1. Ayah           2. Kakak          3. Ibu               4. Adik           
b.      Langkah-Langkah Kegiatan
1.    Bentuklah sebuah kelompok yang terdiri dari 4 atau 5 siswa.
2.    Melakukan survei sederhana tentang data keluarga dan data diri.
3.    Siswa mendengarkan penjelasan tentang bagaimana melakukan  survei.
4.    Selanjutnya siswa melakukan survei “berapa banyak saudara yang teman kalian miliki?”
5.    Jika telah selesai melakukan survei maka seluruh siswa membuat tanda “orang tersenyum”(contoh pada buku siswa).
6.    Setelah semua siswa selesai, siswa diminta mengamati hasil pekerjaannya.
7.    Buat urutan data saudara terbanyak dan terkecil !
8.    Buatlah piktograf !
c.       Kesimpulan
Diskusikan bersama temanmu! Dari kegiatan di atas, apa yang dapat kalian simpulkan :

.......................................................................................................................                                     

Tidak ada komentar:

Posting Komentar