RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nama Sekolah :
SDI Tholabudhin Surabaya
Tema/ Sub Tema :
Diriku/ Aku dan Keluargaku
Materi Pembelajaran :
Data Diri dan Data Keluargaku
Kelas/ Semester :
1/ 1
Alokasi Waktu :
3 X 35 Menit
A.
Kompetensi Inti
1.
Menerima
dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.
Memiliki perilaku
jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam
berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
3.
Memahami
pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengarkan, melihat, membaca) dan
menanya, berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan
kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya dirumah dan disekolah.
4.
Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya estetis,
dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang
mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B.
Kompetensi Dasar
Matematika
4.6 Membaca dan mendeskripsikan data pokok yang
ditampilkan pada grafik konkrit dan piktograf.
PPKN
4.4
Mengamati dan menceritakan
keberagaman karakteristik individu di rumah dan di sekolah.
Bahasa Indonesia
2.1
Memperkenalkan diri sendiri dengan kalimat sederhana dan bahasa yang santun
C.
Indikator Pencapaian Pembelajaran
Matematika
4.6.1 Mengetahui jumlah saudaranya dengan benar
4.6.2 Menghitung masing-masing data saudara temannya yang ada
pada piktograf dengan tepat.
PPKN
4.4.1 Menyebutkan data keluarga (saudara) dengan benar
4.4.2 Menyebutkan data diri (umur) dengan benar
Bahasa Indonesia
2.1.1 Menyebutkan data diri (nama, umur, sekolah, dan tempat
tinggal)
2.1.2 Membaca data keluarga (ayah, ibu, saudara)
D.
Tujuan Pembelajaran
Matematika
1.
Siswa dapat
mengetahui jumlah saudaranya dengan benar
2.
Siswa dapat
menghitung masing-masing data saudara temannya yang ada pada piktograf dengan
tepat.
PPKN
1.
Siswa dapat
menyebutkan data keluarga (saudara) dengan benar
2.
Siswa dapat menyebutkan data diri (umur) dengan benar
Bahasa Indonesia
1.
Siswa dapat menyebutkan data diri (nama, umur, sekolah, dan tempat tinggal) secara lisan dengan benar.
2.
Siswa dapat membaca data keluarga yang
ditampilkan pada piktograf dengan benar.
E.
Materi
a.
Fakta
b.
Konsep
Kenalkan dirimu!
Nama saya Asti, umur
saya tujuh tahun, sekarang saya kelas satu di SD Tunas Buana. Rumah saya di
jalan apel no 15 Jakarta.
Kenalkan keluargamu!
Keluarga saya ada
empat orang. Ada ayah ibu dan adik. Ayah saya bernama pak Budi. Ibu saya
bernama Maharani. Adik saya bernama Rangga. Adi saya berumur lima tahun. Ayah
saya bekerja sebagai polisi. Ibu saya sebagai bidan. Adik saya bersekolah di TK
Tunas Buana.
c.
Prinsip
Nabi Muhammad saw bersabda :
مَنْ أَرَادَ الدُّنْيَا فَعَلَيْهِ بِالْعِلْمِ, وَمَنْ أَرَادَ الأَخِرَةَ
فَعَلَيْهِ بِالْعِلْمِ, وَمَنْ أَرَادَهُمَا فَعَلَيْهِ بِالْعِلْمِ
Artinya :
"Barang siapa menginginkan soal-soal yang
berhubungan dengan dunia, wajiblah ia memiliki ilmunya ; dan barang siapa yang
ingin (selamat dan berbahagia) diakhirat, wajiblah ia mengetahui ilmunya pula;
dan barangsiapa yang meginginkan kedua-duanya, wajiblah ia memiliki ilmu
kedua-duanya pula". (HR.Bukhari dan Muslim)
d.
Prosedur
1.
Kenalkan keluargamu
!
2.
Siapa nama ayahmu ?
3.
Siapa nama ibumu ?
4.
Siapa nama adikmu ?
5.
Berapa umur kakakmu
?
6.
Dimana ayahmu dan
ibumu bekerja ?
F.
Metode Pembelajaran
Pendekatan : Scientific
Model : Cooperative Learning
Metode :
tanya jawab, pemberian tugas, diskusi
G.
Media Pembelajaran
Karton
Gambar keluarga
H.
Sumber Belajar
Buku tematik terpadu kelas 1 tema diriku
I.
Langkah-Langkah Pembelajaran
Kegiatan
|
Uraian Kegiatan
|
Waktu
|
Pendahuluan
|
·
Mengucapkan salam
·
Berdoa
bersama
·
Mengecek
kehadiran peserta didik
·
Memberi
motivasi dengan memberikan pertanyaan-pertanyaan yang berkaitan dengan
pembelajaran terdahulu
·
Menjelaskan
tujuan pembelajaran hari ini
|
10 menit
|
Inti
|
Mengamati
·
Guru meminta peserta didik mengamati
ilustrasi gambar yang terdapat pada buku siswa
·
Peserta
didik mendengarkan uraian guru tentang memperkenalkan diri
Menanya
· Guru menanyakan siapa yang
mengetahui nama lengkapnya
· Guru
memberikan pertanyaan tentang jumlah saudaranya dirumah
· Siswa
diminta menjawab “berapa umur kalian ?”
Mengeksplorasi
·
Siswa
mendengarkan penjelasan guru tentang data keluarga dan data diri sendiri
·
Kemudian, siswa
diminta menyebutkan nama, umur, tempat tinggal, saudara secara berpasangan di
depan kelas
·
Setelah siswa
mendapat giliran guru meminta siswa melakukan survei sederhana tentang jumlah
saudara dan umur temannya
·
Siswa
mendengarkan penjelasan tentang bagaimana melakukan survei.
·
Selanjutnya siswa
melakukan survei tentang jumlah saudaranya
·
Jika telah
selesai melakukan survei maka seluruh siswa membuat tanda “orang tersenyum”(contoh
pada buku siswa)
·
Guru berkeliling untuk mengamati kerja siswa
·
Setelah semua siswa selesai, siswa diminta
mengamati hasil pekerjaannya
·
Guru bertanya,”Berapa
banyak saudara yang dimiliki temanmu?”, “Berapa banyak temamu yang memiliki
umur yang sama ?” dan “Buat urutan jumlah saudara terbanyak hingga ke urutan
terkecil !”
·
Guru menjelaskan
bahwa informasi yang dibuat dalam bentuk seperti itu disebut dengan piktograf atau grafik
gambar.
·
Selanjutnya siswa diminta untuk menghitung jumlah
saudara yang terbanyak dan jumlah saudara yang paling sedikit
Mengasosiasikan
· Guru menyampaikan bahwa setiap orang
memiliki jumlah saudara yang berbeda-beda. Meskipun seperti itu kita harus saling
menyayangi dengan saudara yang kita miliki.
Mengkomunikasikan
·
Siswa diminta membaca
hasil dari piktograf yang dibuat kepada teman dan guru
|
85 menit
|
Penutup
|
·
Guru
melakukan evaluasi kepada setiap peserta didik secara individu
·
Guru
menyuruh peserta didik mengungkapkan kesan terhadap pentingnya materi
pelajaran yang disampaikan guru
·
Guru
menginformasikan kepada peserta didik tentang materi yang diajarkan pada
pertemuan berikutnya
·
Guru
mengajak peserta didik berdoa
|
10 menit
|
J.
Penilaian
1.
Teknik dan Bentuk
Instrumen
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
·
Pengamatan
Sikap
|
·
Lembar
Pengamatan Sikap dan Rubrik
|
·
Tes Tertulis
|
·
Tes Uraian
|
·
Psikomotori
|
·
Lembar
Penilaian
|
2.
Instrumen
a.
Lembar Pengamatan Sikap
No
|
Aspek yang dinilai
|
3
|
2
|
1
|
Keterangan
|
1.
|
Rasa
ingin tahu
|
|
|
|
|
2.
|
Ketekunan
dan tanggungjawab dalam belajar dan bekerja baik secara individu maupun
berkelompok
|
|
|
|
|
3.
|
Keterampilan
berkomunikasi pada saat belajar
|
|
|
|
|
4.
|
Ketelitian
dan kehati-hatian dalam melakukan percobaan
|
|
|
|
|
skor
yang didapat
Nilai =______________________ X 100%
Skor maksimal
Skor
maksimal : 10
b.
Rubrik Penilaian
Perilaku
No
|
Aspek yang dinilai
|
Rubrik
|
1.
|
Menunjukan
rasa ingin tahu
|
3. Menunjukan rasa ingin tahu yang
besar, antusias, aktif dalam kegiatan kelompok
2. Menunjukan rasa ingin tahu, namun
tidak terlalu antusias, dan baru terlibat aktif dalam kegiatan kelompok
ketika disuruh
1. Tidak menunjukan antusias dalam
pengamatan, sulit terlibat aktif dalam kegiatan kelompok walaupun telah
didorong untuk terlibat
|
2.
|
Ketelitian
dan Hati-hati
|
3. Mengamati hasil percobaan sesuai
prosedur, hati-hati dalam melakukan percobaan
2. Mengamati hasil percobaan sesuai
prosedur, kurang hati-hati dalam melakukan percobaan
1. Mengamati hasil percobaan sesuai
prosedur, kurang hati-hati dalam melakukan percobaan
|
3.
|
Ketekunan dan
tanggungjawab dalam belajar dan bekerja baik secara individu maupun
berkelompok
|
3. Tekun dalam menyelesaikan tugas
dengan hasil terbaik yang bisa dilakukan, berupaya tepat waktu
2. Berupaya tepat waktu dalam
menyelesaikan tugas, namun belum menunjukan upaya terbaiknya
1. Tidak berupaya bersungguh-sungguh
dalam menyelesaikan tugas, dan tugasnya tidak selesai
|
4.
|
Berkomunikasi
|
3. Aktif dalam tanya jawab, dapat
mengemukakan pendapat atau ide, menghargai pendapat siswa lain
2. Aktif dalam tanya jawab, tidak ikut
mengemukakan pendapat atau ide, menghargai siswa lain
1. Aktif dalam tanya jawab, tidak ikut
mengemukakan pendapat atau ide, kurang menghargai siswa lain
|
3.
Penilaian
Proses
a. Format Pengamatan
Aspek yang dinilai
|
Kriteria
|
Catatan
|
|||
|
BS
|
B
|
C
|
PB
|
|
Kemampuan menyebutkan data diri dan data keluarga
|
|
|
|
|
|
Kemampuan menjalankan
Tugas
|
|
|
|
|
|
Kemampuan melengkapi tabel
|
|
|
|
|
|
b. Rubik Penilaian Proses
No
|
Aspek yang dinilai
|
Baik sekali
|
baik
|
Cukup
|
Perlu bimbingan
|
1
|
Kemampuan menyebutkan data diri
(nama, umur, sekolah dan tempat tinggal) dan data keluarga (ibu, ayah,
saudara)
|
Siswa mampu
Menyebutkan semua data diri dan data keluarga
dengan benar
|
Siswa mampu
Menyebutkan data diri dan keluarga dengan satu
kesalahan
|
Siswa hanya
mampu
menyebutkan dua data diri dan dua data keluarga
|
Siswa belum
mampu
menyebutkan data diri dan data keluarga
|
2
|
Kemampuan menjalankan
tugas
|
Siswa mampu
melakukan
tugas sesuai
dengan instruksi
tanpa pengarahan
ulang
|
Siswa mampu
melakukan
tugas sesuai
aturan tetapi dengan
1 kali arahan ulang
|
Siswa mampu
melakukan
tugas sesuai
aturan, tetapi
dengan lebih dari 1
kali arahan ulang
|
Siswa belum
mampu melakukan
tugas sesuai
dengan aturan
|
3
|
Kemampuan melengkapi tabel
|
Siswa mampu
Melengkapi tabel dengan benar
|
Siswa melengkapi tabel dengan kesalahan 1 – 2 peletakan kolom
|
Siswa melengkapi tabel dengan lebih dari 2 kali
kesalahan peletakan kolom
|
Siswa belum
mampu melengkapi kolom
|
4.
Pedoman
Penilaian
1. Kognitif
No
|
Indikator
|
Soal
|
Kunci Jawaban
|
1.
|
Mengetahui jumlah saudaranya dengan benar
|
1. Berapa jumlah saudara
yang kamu miliki ?
|
Sesuai piktograf yang dibuat
Skor : 2
|
2.
|
Menghitung masing-masing data saudara temannya yang ada
pada piktograf dengan tepat
|
2. Dari piktograf yang
kamu buat, Berapa data saudara temanmu yang paling banyak!
|
Sesuai Piktograf
Skor : 2
|
3.
|
Menyebutkan
data keluarga (saudara) dengan benar
|
3. Siapa nama saudaramu ?
|
Sesuai Piktograf
Skor : 2
|
4.
|
Menyebutkan
data diri (umur) dengan benar
|
4. Berapa umurmu!
|
Sesuai Piktograf
Skor : 2
|
5.
|
Menyebutkan data diri (nama, umur, sekolah, dan tempat
tinggal)
|
5. Sebutkan data dirimu
secara lisan dengan benar!
|
Sesuai Piktograf
Skor : 5
|
6.
|
Membaca data keluarga (ayah, ibu, saudara)
|
6. Dari piktograf yang
kamu buat, Berapa data saudara yang terbanyak dan terkecil?
|
Sesuai piktograf
Skor : 2
|
skor
yang didapat
Nilai =______________________ X 100%
Skor maksimal
Skor
maksimal : 15
Mengetahui Sidoarjo,13 Juni
2016
Kepala
Sekolah Guru
Mapel
.............................................. ............................................ ....
Lembar Kerja
Siswa
1. Buatlah
piktograf data saudara terbanyak dan terkecil !
Nama
Kelompok :
Nama
Anggota :
1.
.............................................
2.
.............................................
3.
.............................................
4.
.............................................
a. Data Keluarga
1. Ayah 2.
Kakak 3. Ibu 4. Adik
b. Langkah-Langkah
Kegiatan
1.
Bentuklah sebuah
kelompok yang terdiri dari 4 atau 5 siswa.
2.
Melakukan survei
sederhana tentang data keluarga dan data diri.
3.
Siswa mendengarkan
penjelasan tentang bagaimana melakukan
survei.
4.
Selanjutnya siswa
melakukan survei “berapa banyak saudara yang teman kalian miliki?”
5.
Jika telah selesai
melakukan survei maka seluruh siswa membuat tanda “orang tersenyum”(contoh pada
buku siswa).
6.
Setelah semua siswa
selesai, siswa diminta mengamati hasil pekerjaannya.
7.
Buat urutan data
saudara terbanyak dan terkecil !
8.
Buatlah piktograf !
c. Kesimpulan
Diskusikan
bersama temanmu! Dari
kegiatan di atas, apa yang dapat kalian simpulkan :
.......................................................................................................................
Tidak ada komentar:
Posting Komentar