Rencana
Pelaksanaan Pembelajaran
Satuan Pendidikan : Madrasah Ibtidaiyah Tholabudhin Surabaya
Mata Pelajaran : IPA
Kelas/Semester : VI/I
Topik : Perubahan Benda
Sub
Topik : Perubahan benda
pelapukan, perkaratan, pembusukan
Alokasi Waktu : 3 X 35 menit ( 1 Pertemuan )
A.
Kompetensi
Inti
1. Menghargai
dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
2. Menghargai
dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi,
gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
3. Memahami
pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin
tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan
kejadian tampak mata
4. Mencoba,
mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, membaca, menghitung,
menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber
lain yang sama dalam sudut pandang/teori
B.
Kompetensi
Dasar
6.1 Menjelaskan faktor-faktor penyebab perubahan
benda (pelapukan, perkaratan, pembusukan) melalui pengamatan.
C.
Indikator
6.1.1 Siswa mampu
mengidentifikasi penyebab perubahan benda dengan berbagai kondisi (misalnya,
pelapukan kayu, perkaratan logam, dan membusuknya makanan).
D.
Tujuan
Pembelajaran
1. Siswa
dapat mengidentifikasi penyebab perubahan benda dengan berbagai kondisi
(misalnya, pelapukan kayu, perkaratan logam, dan membusuknya makanan).
E.
Materi
A.
Bentuk
Perubahan Pada Benda
Pelapukan terjadi pada batu. Tiga
jenis pelapukan yaitu :
1. Pelapukan
fisika, yaitu pelapukan yang terjadi karena perubahan suhu, panas,
dingin dan genangan air.
Contoh
: Di Arab Saudi pada siang hari suhunya ± 42˚C & pada malam hari suhunya ±
- 10˚C. Hal ini menyebabkan batuan pecah menjadi kecil-kecil sehingga
di Arab Saudi banyak padang pasir.
2. Pelapukan
kimia, yaitu pelapukan yang disebabkan oleh zat kimia misalnya oksigen,
karbondioksida dan gas-gas lain yang ada di udara.
Contoh
: Besi menjadi karat dan warnanya kemerahan. Akibat gas-gas buangan industri maka
terjadilah hujan asam.
3. Pelapukan
biologi, yaitu pelapukan yang disebabkan oleh tumbuhan dan hewan.
Contoh
: Batuan yang ditumbuhi lumut lama kelamaan akan hancur menjadi tanah.
Perkaratan biasanya
terjadi pada logam, terutama besi dan baja bila bereaksi dengan air dan udara.
Cara mencegah perkaratan antara lain dengan melapisi logam dengan cat khusus.
Pembusukan terjadi
pada bahan makanan antara lain nasi, ikan, buah-buahan dan sayuran. Pembusukan
terjadi antara lain karena adanya pertumbuhan dan aktivitas jamur/bakteri. Cara
mencegah pembusukan antara lain dengan pendinginan/pemanasan bahan makanan,
serta pemberian bahan pengawet.
B.
Penyebab Perubahan Pada Benda
Proses
perubahan suhu/temperatur. Contohnya bebatuan yang terkena perubahan suhu terus
menerus dalam jangka waktu lama akan hancur menjadi tanah.
Kelembapan.
Contohnya peralatan dapur yang terbuat dari logam akan berkarat bila tersimpan
ditempat yang lembap.
Proses
penguraian oleh bakteri. Contohnya nasi menjadi basi.
Kuman
penyakit. Contohnya sayuran yang tidak dicuci langsung disimpan akan menjadi
rusak dan membusuk.
Waktu.
Contohnya pakaian yang tersimpan lama di lemari akan merubah warna pakaian.
C. Faktor-faktor Penentu Pemilihan
Benda
Awet
/tahan lama, yaitu benda yang dapat digunakan dalam jangka waktu lama.
Contohnya ember dari seng, karet atau plastik.
Tepat
guna, artinya pilihan benda yang diperlukan sesuai dengan kegunaan dan
kemampuan benda tersebut.
Multifungsi
artinya benda tersebut mempunyai banyak kegunaan. Contohnya pisau dapat
digunakan untuk memotong, mengiris dan membuka kaleng.
Bahan
yang digunakan, artinya pilihan benda memperhatikan penggunaan bahan yang
digunakan, misalnya dari logam, plastik, kayu atau karet.
F.
Pendekatan/Model
Pembelajaran
1. Pendekatan
: Saintifik
2. Model : PBL (Problem Based Learning)
3.
Metode : Diskusi
G.
Media,
Alat, dan Sumber Belajar
1. Media : Slide
2. Alat : LKS
3. Sumber
Belajar : Buku IPA SD Kelas VI
H.
Kegiatan
Pembelajaran
Fase-Fase
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Alokasi Waktu
|
Fase I
Orientasi
peserta didik kepada masalah
|
Pendahuluan :
1.
Guru menyapa dan memberi salam kepada peserta
didik
2.
Guru memberi apersepsi dengan bertanya materi
sebelumnya
3.
Guru memberi motivasi dengan menunjukan fenomena
atau mengajukan pertanyaan yang relevan dengan materi yang akan dipelajari
4.
Guru meminta peserta didik mengamati gambar di
slide
5.
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran
|
10 menit
|
Fase II
Mengorganisasikan
|
Kegiatan Inti
:
6.
Guru menyampaikan kegiatan yang akan dilakukan dan
membagi peserta didik dalam beberapa kelompok untuk mengerjakan LKS yang
diberikan guru
|
80 menit
|
Fase III
Membimbing
penyelidikan individu dan kelompok
|
7.
Guru membimbing dalam tiap kelompok
|
|
Fase IV
Mengembangkan
dan menyajikan hasil karya
|
8.
Tiap kelompok berdiskusi dan menyampaikan hasil
diskusi ke kelompok lain tentang Memahami faktor yang menyebabkan perubahan
benda, Memahami proses pelapukan
|
|
Fase V
Menganalisa
dan mengevaluasi proses pemecahan masalah
|
9.
Guru bersama peserta didik menyamakan konsep
Penutup :
10. Guru
membimbing peserta didik untuk menarik kesimpulan dari kegiatan pembelajaran
hari tersebut
11. Guru
memberikan penghargaan lain yang relavan kepada kelompok yang berkinerja baik
12.
Guru menugaskan peserta didik untuk Memahami
faktor yang menyebabkan perubahan benda, Memahami proses pelapukan
|
15 menit
|
I.
Penilaian
1. Jenis
dan Bentuk Instrumen
Jenis
|
Bentuk Instrumen
|
·
Sikap
|
·
Lembar Pengamatan siswa dan Rubrik
|
·
Tes Unjuk Kerja
|
·
Tes Lembar Kinerja
|
·
Tes Tulis
|
·
Tes Uraian
|
2. Instrumen
a. Lembar
Pengamatan Sikap
No
|
Aspek yang dinilai
|
3
|
2
|
1
|
Keterangan
|
1.
|
Rasa ingin
tahu
|
|
|
|
|
2.
|
Ketekunan dan
tanggungjawab dalam belajar dan bekerja baik secara individu maupun
berkelompok
|
|
|
|
|
3.
|
Keterampilan
berkomunikasi pada saat belajar
|
|
|
|
|
4.
|
Ketelitian dan
kehati-hatian dalam melakukan percobaan
|
|
|
|
|
skor yang didapat
Nilai =______________________
X 100%
Skor
maksimal
Skor maksimal : 10
J.
Rubrik
Penilaian Perilaku
No
|
Aspek yang dinilai
|
Rubrik
|
1.
|
Menunjukan
rasa ingin tahu
|
3.
Menunjukan rasa ingin tahu yang besar, antusias, aktif dalam kegiatan
kelompok
2.
Menunjukan rasa ingin tahu, namun tidak terlalu antusias, dan baru terlibat
aktif dalam kegiatan kelompok ketika disuruh
1.
Tidak menunjukan antusias dalam pengamatan, sulit terlibat aktif dalam
kegiatan kelompok walaupun telah didorong untuk terlibat
|
2.
|
Ketelitian dan
Hati-hati
|
3.
Mengamati hasil percobaan sesuai prosedur, hati-hati dalam melakukan
percobaan
2.
Mengamati hasil percobaan sesuai prosedur, kurang hati-hati dalam melakukan
percobaan
1.
Mengamati hasil percobaan sesuai prosedur, kurang hati-hati dalam melakukan
percobaan
|
3.
|
Ketekunan dan tanggungjawab dalam
belajar dan bekerja baik secara individu maupun berkelompok
|
3.
Tekun dalam menyelesaikan tugas dengan hasil terbaik yang bisa dilakukan,
berupaya tepat waktu
2.
Berupaya tepat waktu dalam menyelesaikan tugas, namun belum menunjukan upaya
terbaiknya
1.
Tidak berupaya bersungguh-sungguh dalam menyelesaikan tugas, dan tugasnya
tidak selesai
|
4.
|
Berkomunikasi
|
3.
Aktif dalam tanya jawab, dapat mengemukakan pendapat atau ide, menghargai
pendapat siswa lain
2.
Aktif dalam tanya jawab, tidak ikut mengemukakan pendapat atau ide,
menghargai siswa lain
1.
Aktif dalam tanya jawab, tidak ikut mengemukakan pendapat atau ide, kurang
menghargai siswa lain
|
K.
Instrumen
Soal Pengetahuan
a. Uraian
1.
Jelaskanlah
penyebab perubahan benda dengan berbagai kondisi (misalnya, pelapukan kayu,
perkaratan logam, dan membusuknya makanan) dan menunjukkan cara menghambatnya !
2.
Mendeskripsikan
perubahan Jelaskanlah benda dengan kondisi yang berbeda !
3.
Jelaskanlah
berdasarkan hasil pengamatan bahwa bahwa tingkat perubahan benda dipengaruhi
oleh berbagai kondisi, misalnya: suhu, kelembaban, ada tidaknya kuman, dan
waktu !
4.
Golongkanlah
perubahan pada berdasarkan faktor yang mempengaruhinya, misalnya: pelapukan
kayu akibat proses pembusukan, perkaratan akibat kelembaban, pembusukan akibat
proses penguraian !
Skor yang didapat
Nilai = ________________
X 100%
Skor Maksimal
Skor maksimal : 15
Mengetahui Sidoarjo,31
Desember 2015
Kepala Sekolah Guru
Mapel IPA
.............................................. ............................................ ....
Lembar
Kerja Siswa
1.
Melakukan
percobaan tentang penyebab perubahan benda
Nama Kelompok :
Nama Anggota :
1. .............................................
2. .............................................
3. .............................................
4. .............................................
5. .............................................
a.
Alat
dan bahan
1. Kertas
koran
2. Air
3. Stoples
besar dan transparan
4. Gunting
b.
Langkah-Langkah
Kegiatan
1. Bentuklah
sebuah kelompok yang terdiri dari 4 atau 5 siswa
2. Remas
kertas koran hingga kusut
3. Gunting
kertas koran dengan ukuran 20 cm X 20 cm
4. Masukkan
air ke dalam stoples hingga 3/4 nya.
5. Masukkan
potongan kertas tadi ke dalam stoples dan biarkan selama 20 menit
6. Setelah
20 menit angkat kertas dan amati
c.
Soal
Latihan
1. Apa
yang terjadi pada kertas, apakah sama dengan kondisi kertas sebelum direndam
dan sesudah direndam ?
2. Bagaimana
jika waktu perendaman dilakukan selama 1 minggu ?
d.
Kesimpulan
Diskusikan bersama
temanmu untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan berikut !
Dari kegiatan di atas,
apa yang dapat kalian simpulkan :
.......................................................................................................................
..............................................................................................................
..............................................................................................................
Tidak ada komentar:
Posting Komentar